Cara Membuat Radio Online streaming | Koleksi Mas Dewa

Home » , , , , » Cara Membuat Radio Online streaming

Cara Membuat Radio Online streaming

Written By Unknown on Senin, 17 Maret 2014 | 03.08

Mungkin beberapa pembaca ingin bercita-cita menjadi seorang penyiar radio namun sampai detik ini belum ada juga stasiun radio yang ingin menjadikan pembaca sebagai salah satu penyiar radio di perusahaannya (sabar... sabar...). Tenang aja, kalo misalnya gak ada perusahaan yang mau menawarkan pembaca menjadi penyiar radio, kenapa gak bikin sendiri aja.

Disini saya mencoba untuk memberikan cara bagaimana membuat sebuah radio online. Cuma bermodalkan komputer, software SAM Broadcaster, internet dan akun di caster.fm. Sekarang pembaca sudah bisa membuat stasiun radio online sendiri

Pertama download dulu software SAM Broadcaster, disini saya menggunakan SAM Broadcaster Versi  4.9.2 yang bisa pembaca download melalui link ini.

Daftar di Caster.fm
Langkah selanjutnya pembaca harus memiliki akun di caster.fm. Caster.fm merupakan sebuah website yang memberikan jasa Shoutcast secara gratis, jadi nanti kita menggunakan website ini sebagai penyedia jalan supaya radio kita bisa online di internet. Cara daftarnya juga sama aja kok seperti cara daftar pada situs-situs seperti facebook, yahoo dan sebagainya. Jadi gak usah di jelasin lagi ya caranya.

Kalo pembaca sudah berhasil daftar di caster.fm, login ke caster.fm lalu pilih tab Server terus kelik link yang tulisannya Start Your Radio Server seperti gambar berikut ini :

Setelah server dijalankan nanti akan terdapat beberapa informasi yang di butuhkan untuk digunakan pada software SAM Broadcaster. Jadi jangan di tutup dulu linknya. Tampilan informasi yang diberikan seperti berikut ini :

Instal Software SAM Broadcaster.

Setelah software Sam Bradcast berhasil didownload, sekarang install terlebih dahulu software tersebut. Kalau sudah diinstall buka software SAM Broadcastnya untuk kita lakukan konfigurasi agar terhubung dengan akun yang pembaca miliki di website caster.fm.

Konfigurasi SAM Broadcaster.

Selanjutnya setelah SAM berhasil diinstall, buka aplikasinya lalu pilih menu window – Encoder untuk membuka window Encoder, karena di window Encoder inilah kita akan melakukan proses konfigurasi agar dapat terhubung dengan server caster.fm.


Klik tombol + (Add new Encoder) untuk menambahkan encoder baru. Lalu pilih MP3 seperti pada gambar dibawah ini :
Klik tombol ok lalu akan terbuka window Encoder & Streaming Confoguration. Pada tab Converter pembaca dapat mengatur bitrate dari lagu dan juga sampling ratenya. Terserah pembaca mau diatur seperti apa, yang pasti semakin tinggi bitrate semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan namun akan memakan bandwith yang lebih besar saat diakses. Tampilan windownya seperti pada gambar berikut ini :

Setelah bagian converter diseting, sekarang kita masuk ke tab Server Details. Pada tab ini pilih IceCast pada type servernya dan ice cast yang digunakan adalah ice cast type 2. Setelah itu baru masukan Detail Servernya sesuai dengan data yang diberikan oleh caster.fm (masih belum di tutupkan link casternya). Dan masukan juga nama stasiun radio online dan juga nama radio onlinenya. Contohnya seperti gambar berikut ini 
Jika sudah klik tombol ok. Sebelum kita mulai broadcastnya, kita persiapkan dulu lagu-lagu yang ingin kita putar di radio online yang kita miliki. Caranya klik menu window lalu pilih queue untuk menampilkan window queue, selanjutnya klik tombol + untuk memasukan lagu apa saya yang ingin pembaca putar. Contoh gambarnya seperti berikut ini.
Ok sekarang lagu sudah siap, tinggal dimulai broadcastnya dengan mengklik tombol  play untuk memutar lagu yang sudah ada di playlist dengan mengklik tombol play yang ada di kiri atas :
Dan langkah terakhir adalah mengklik tombol play yang ada di Encoders agar terhubung dengan akun pembaca yang ada di server caster.fm.

Ok sekarang kita telah berhasil membuat sebuah radio online. Semoga pembaca merasa terbantu dengan adanya artikel cara membuat radio online ini.

Silahkan lihat punya saya DISINI

Semoga sukses mengikuti langkah-langkah mengenai cara membuatradio online diatas. Sampai bertemu di artikel saya lainnya.



Backlink here..

0 komentar:

Baclink Automatis
ppob loket pembayaran
Pulsa Nasional
SPONSOR
Mobil Bekas Iklan Properti
www.trikmasdewa.blogspot.com - Rankse.com 100% Backlink Indonesia
backlinks exchange gratis indonesia
jasa pembuatan server



Arts Blogs
Business Blogs - Blog Rankings

trikmasdewa.blogspot.com Webutation

LINTAS BERITA
Loading Procces...

Followers

/>